Wisata alam merupakan pilihan ngadem bagi mayoritas masyarakat perkotaan dan sebagian kecil masyarakat perdesaan. Lokasi penuh warna hijau pepohonan, memberikan nuansa asri nan damai. Apalagi udara alam yang bersih, suara gemericik air dan hembusan dingin angin sekitar lokasi wisata, menambah damai berada di alam bebas. Begitulah gambaran suasana lokasi alam yang terletak di pegunungan.

Salah satu obyek wisata alam yang menjadi pilihan wisata di kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung adalah wisata alam Jurang Senggani. Lokasinya 4 km lurus ke barat, dari kantor kecamatan Sendang atau tepatnya di desa Nglurup kecamatan Sendang kabupaten Tulungagung.

Masyarakat sekitar awalnya memberikan nama BUPER (Bumi Perkemahan), karena lokasi tersebut sengaja dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebagai bumi perkemahan yang dipadu dengan wahana out bond. Sedangkan nama Jurang Senggani adalah nama Air Terjun yang berada sekitar puluhan kilo arah barat daya dari lokasi bumi perkemahan.

Dengan berbagai upaya dan ketekunan para anggota pokdarwis, lokasi bumi perkemahan ditata sedemikian rupa, sehingga menjadi lokasi wisata alami yang menjadi satu kesatuan dengan tujuan wisata air terjun Jurang Senggani.

Perbaikan jalan menuju lokasi wisata, pelayanan yang ramah, penempatan gazebo, pembuatan spot selfi, musholla, wisata kuliner khas pegunungan, tempat parkir yang aman, keamanan out bond, sarana MCK, sampai lampu penerangan juga dipenuhi sebagai penambah daya tarik pengunjung. Bahkan jika menginginkan acara gathering, sosialisasi, workshop, atau rapat diluar ruangan, dilokasi wisata Jurang Senggani juga disediakan kelengkapan beserta konsumsi sesuai permintaan.

Bagi pecinta alam dan pendaki gunung, bentangan alam dengan pohon pinus dan pegunungan yang menembus gunung Wilis, juga patut untuk dicoba sebagai medan baru petualangan atau sekedar berkemah dan melakukan out bond bersama komunitas.

Bagi para keluarga yang ingin bercengkrama melepas penat, dan lelah dari kesibukan, anda tinggal membawa tikar atau gelaran lain dan memilih tempat di bawah rindangnya pohon pinus atau bisa memilih gazebo sesuai kehendak, atau juga bisa menaiki bukit yang mengarah pada gazebo gardu pandang di atas bukit.

Bagi pecinta air terjun, anda juga bisa menikmati jatuhnya air terjun dengan eksotik dengan menempuh jalan yang masih alami tanpa bantuan alat transportasi, karena jalan menuju lokasi air terjun, masih dalam tahapan persiapan pengecoran. Sehingga tumpukan material berada disepanjang jalan menuju airbterjun jurang senggani.

Disekitar lokasi wisata alam Jurang Senggani, selain menikmati indahnya suasana alam, anda juga disuguhi aktifitas penduduk sekitar yang lalu lalang menggunakan motor ala masyarakat pegunungan dengan membawa rumput dari ladang. Ada juga, sebagian masyarakat yang sibuk melakukan pembibitan tanaman hutan. Mereka ramah, dan sopan saat disapa atau saat berpapasan, tinggal mengucap “monggo” maka balasan sapa keakraban akan kita terima.

Sepanjang jalan sebelum pintu masuk lokasi wisata, terkadang para penduduk sekitar juga menjajakan hasil kebun dan sayur mereka, dengan harga yang lumayan murah dan tentunya masih segar karena baru dipetik.

Dan yang perlu anda ketahui, Jurang Senggani hanya salah satu tujuan wisata alam yang berada di kecamatan Sendang, karena selain Jurang Senggani, anda bisa berwisata ke Tugu Park yang berlokasi di desa Tugu, Ori Green yang berlokasi di dekat SMPN 1 Sendang, Nyawangan Park yang berlokasi di desa Nyawangan, kebun wisata bunga dan candi penampihan di desa Geger, CoWindo terletak di desa Sendang, yang semuanya menawarkan keindahan dan kesegaran alam pegunungan.