Lakpesdam PCNU kabupaten Tulungagung. selanjutnya disebut Lakpesdam berdiri pada tahun 1999. Dalam dokumen perencanaan strategis yang dilakukan tahun 2015, lakpesdam mempunyai mandat formal untuk menfasilitasi peningkatan SDM NU yang dilakukan melalui pengkajian, penelitian dan pendidikan. Sedangkan mandat sosial yang diemban Lakpesdam diantaranya adalah mengupayakan terwujudnya masyarakat yang berdaya, demokratis dan berkeadilan, melakukan pendidikan dan penyadaran masyarakat serta melakukan kajian terhadap produk-produk kebijakan, sosial, ekonomi dan budaya.

Dalam menfasilitasi peningkatan SDM NU, dilakukan melalui pelatihan-pelatihan bagi pengurus cabang dan majelis wakil cabang NU baik syuriah maupun tanfidziyah, lakpesdam juga sering diminta menfasilitasi pelatihan yang dilakukan oleh lembaga atau banom lain, misalnya Ipnu, Ippnu, Ansor,dan lain-lain. 

Sebagai komitmen atas mandat lakpesdam untuk melakukan pemberdayaan masyarakat, maka dalam setiap programnya Lakpesdam NU Tulungagung tak luput  melakukan pengorganisasian masyarakat sekaligus pelatihan kepada muharrik nya, yang saat ini telah tersebar di desa-desa di kabupaten Tulungagung.