Sabtu, 10 Juni 2017 bertepatan dengan 15 Ramadhan 1438 H. Suasana hilir mudik siswa-siswi Madrasah Nahdlatul Ulama’ (MINU) Tarbiyatul Islam Desa Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung terkesan beda dengan hari-hari biasanya. Pasalnya hari ini adalah proses pembacaan dan pengumuman kelulusan 33 siswa kelas VI dari 254 jumlah total siswa MINU yang diformat dalam kegiatan Khataman dan Motivasi dari “Tokoh Sukses” di Rejotangan.

Tepat pukul 07:00 siswa memasuki lokasi yang telah dipersiapkan dalam kondisi siap mengikuti rangkaian acara yangbsudah disosialisasikan sebelumnya oleh Ibu Suproh M.Amin,S.Pd selaku Guru kelas VI MINU Tarbiyatul Islam.

Rangkaian acara dimulai dengan Sholat Dhuha, Khataman Qur’an, Tausyiah Motivasi Tokoh Sukses dan Pembacaan SK Kelulusan dan ditutup dengan mushofah dengan dewan Guru MINU Tarbitaul Islam.

Pada sesi motivasi Tokoh Sukses, tampil sebagai Motivator pertama Bapak H. Mudawari Hasyim dari Rejotangan yang dikenal sebagai Pengusaha sukses dan dermawan (loman). Kata kunci yang disampaikan Haji Dawari Hasyim adalah “untuk dermawan harus sukses dan kalau sukses jangan lupa dermawan”.

Sedangkan Motivator kedua yang juga kepala madrasah MINU Tarbiyatul Islam Tenggur Rejotangan, Bapak Kholiq Nawawi, M.Pd.I mengidiologisasi dengan suntikan kalimat “Masa depan bangsa adalah milik sampean semua, jadilah generasi NU yang pinter, dan bener”. Kesuksesan di masa depan, tergantung apa yang sampean lakoni sak iki”.

Selanjutnya acara disambung dengan pembacaan SK Kelulusan. Tampak raut muka siswa dan siswi yang harap-harap cemas menunggu hasil jerih payah belajar selama enam tahun di MINU Tarbiyatul Islam. Dan kompak ucapan “Hamdalah” membahana diruangan acara setelah mengetahui bahwa semuanya siswa kelas VI yang berjumlah 33 Lulus Semua bahkan ada yang menyabet peringkat 3 dari 574 peserta ujian Madrasah Ibtidaiyah se Kecamatan Rejotangan.

Harapan lembaga juga disampaikan Kepala Sekolah Bapak Kholiq Nawawi, M.Pd.I kepada semua siswa madrasah khususnya kelas VI yang hari ini dinyatakan lulus agar mereka menjadi generasi NU, generasi Indonesia yang Sholeh/ Sholihah yang pinter dan bener karena Masa depan masyarakat dan Indonesia ada ditangan kalian semua. Demikian Pak Kholiq memungkas sambutan pengarahannya.

Sebagai penutup siswa diajak berdoa bersama sebagai do’a khatmil qur’an dan doa penutup majlis. Dan tak lupa foto bersama dengan seluruh punggawa kelas VI MINU Tarbiyatul Islam sebagai kenang-kenangan saat kelak dikemudian hari.