Muslimat harus Dakwah Bil IT. Merupakan amanah dari Konggres Muslimat 2016 di Pondok Gedhe. Hal inilah yang menjadi dasar pelaksanaan pelatihan IT yang digelar pada 21 September 2017 oleh PC Muslimat Tulungagung dengan peserta seluruh perwakilan dari PAC Muslimat se Tulungagung.

Bertempat di Aula PCNU Tulungagung, pelatihan yang dihadiri 80 peserta tersebut, di awali dengan ceremony pembukaan yang langsung dibuka oleh Ketua PC Muslimat Tulungagung Ibu Nyai Hj Miftakhurrohmah, M.Ag. Dalam sambutannya Ketua Muslimat berpesan agar peserta mengikuti acara dengan serius sampai pari-purna, agar pengetahuan yang di dapat bisa runtut dan hasilnya adalah kemampuan menggunakan media sosial untuk berdakwah.

Berdakwah dengan media merupakah ruang kosong yang harus di isi oleh PC Muslimat Tulungagung, kalau dakwah di dunia nyata Muslimat sudah luar biasa perannya, ada acara live di Madu TV pengajian Muslimat bersama ibu Nyai dari pengurus cabang Muslimat. Ada selapanan, yasinan, dan bhakti sosial Muslimat, belum termasuk acara insidental dan acara yang digelar oleh lembaga miliknya Muslimat. Oleh karenanya Muslimat harus mampu memberikan kontribusi terhadap dakwah di dunia Maya, dan ini akan kita mulai hari ini dengan mengadakan Pelatihan IT untuk Muslimat seluruh PAC di Tulungagung (pungkas Ketua Muslimat dalam sambutannya).

Mengusung tema”Bedakwah Damai dan Berkah Melalui Media” acara pelatihan IT PC Muslimat Tulungagung menghadirkan tiga Pemateri dengan tema yang berbeda-beda, pertama Sururi Arumbani yang membahas fenomena dakwah di Media, Kedua, Nuruddin dengan tema Menulis sebagai Jalan Dakwah, dan Ketiga, Mukhlasin dengan tema Teknik memilih dan menggunakan Media secara efektif dalam berdakwah dan jadwal tersebut dimulai pagi, Kamis, 21 September 2017 jam 08:00 sampai 16:30.

Tampil sebagai pemateri pertama, Sururi Arumbani yang merupakan praktisi dibidang dakwah penyiaran TV 9 Surabaya yang mengupas bagaimana fenomena dakwah di media sosial hari ini. Mulai fenomena berita Hoax, ujaran kebencian, adu domba memecah persatuan dan kesatuan bangsa, sampai bagaimana memilih berita kredible, berita yang dapat dipercaya sumbernya, dan sekaligus memilih media dakwah yang efektif.

Pada awalnya, Sururi psimis terhadap maksimalisasi penyerapan materi melihat yang hadir kok banyak sekali dan terhitung kelas besar. Tapi begitu melihat antusias waktu tanya jawab dan rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta, Sururi Arumbani ber ujar, Jika PC Muslimat Tulungagung bertekad untuk dakwah di Media Sosial via Websitenya Muslimat Tulungagung secara konsisten dalam waktu yang lama, maka PC Muslimat Tulungagung layak menagih janji kepada PP Muslimat sebagai PC Muslimat yang eksis dalam berdakwah di Media Sosial.

Sedangkan Pemateri kedua, Nuruddin yang merupakan Dosen STAI Diponegoro dan Pengurus Lakpesdam Tulungagung mengupas bagaimana mengawali menulis sebagai jalan dakwah di Media Sosial, titik berat materi kedua adalah peserta mampu menghasilkan satu tulisan yang akan di publikasikan via media sosial baik FB, FP, IG maupun Twiter. sehingga paparan materi kedua butuh praktik membuat tulisan walaupun jumlah laptop peserta terbatas tapi masih bisa di siasati dengan menggunakan kertas manual. Menurut Nuruddin, Ide itu ditemukan, bukan dicari. Karna ide ada disekitar kita, tinggal kita mampu menemukan atau tidak? Jika sudah ketemu ide, maka harus di ingat, dicatat dan di endapkan.

Pemateri ketiga, Mukhlasin, yang lebih membahas teknik memilih dan mengoprasikan media sebagai sarana dakwah. Dengan jumlah peserta yang luar biasa banyaknya, Mukhlasin menyampaikan bahwa antusias dan rasa ingin tahu ibu-ibu Muslimat luar biasa responnya. Perlu cluster dan pemilahan fokus lebih lanjut dalam rangka maksimalisasi out put yang di dapatkan. Modal keingin tahuan ini harus direspon dengan cepat dalam bentuk rencana tindak lanjut pelatihan dan pendalaman.

Sebagai kebijakan Panitia Pelatihan dan PC Muslimat Tulungagung, Rencana Tindak Lanjut kegiatan hari ini adalah adanya FP, IG, Twiter dan Chanel Youtube untuk memublikasikan karya alumni pelatihan yang mampu menggunakan IT untuk berdakwah serta mengagendakan pendalaman materi dan peningkatan kemampuan para pelaku dakwah via Media yang dimiliki PC Muslimat Tulungagung hasil dari pelatihan dakwah bil IT hari ini.(Din)