Kemarin 4 Maret 2017 di Surabaya dan Sidoarjo Umat Islam yang dimotori Ansor dan BANSER penolakan kajian ustadz Wahabi DR. Khalid Basalamah. Kenapa sampai ditolak oleh Ansor dan masyarakat di sana? Sudah menjadi rahasia umum kalau ustadz Wahabi ini selalu meresahkan dan melakukan provokasi saat mengisi kajian/dakwahnya. 

Sudah sering kali mereka mengkafirkan amalan muslim lain, mereka membid’ahkan amalan Nahdliyin, menyebut penyembah kubur, menyesatkan Maulid Nabi, Yasinan, Tahlilan,Barzanji, Manaqib dll. Saat mereka diperingatkan agar tidak mengadakan kajian yang bisa menimbulkan perpecahan, keluarlah kalimat-kalimat suci seperti “perbedaan adalah rahmat kenapa harus diperdebatkan, jangan memecah belah muslim, kita itu saudara, mari menjaga ukhuwah”. Inilah yang dulu disebut mbah Wahab sebagai Ukhuwah Kusiriyah, yakni nunggangi kebersamaan untuk mencapai tujuan kelompok dengan mengorbankan kelompok lain. Buktinya adalah, saat mereka mengajak bersatu dalam ukhuwah Islamiyah, di sisi lain mereka terus menyerang muslim yang tidak sepaham dan bukan kelompok mereka. 

Khalid Basalamah sering kali mengeluarkan statement yang menyakiti muslim lain. Mari kita ingat kembali beberapa “fatwa” Khalid:

1. Khalid Basalamah memvonis orang tua nabi Muhammad saw (Sayyid Abdullah & sayyidah Aminah) masuk neraka. Hanya berbekal pemahaman tekstual tanpa mau mengkaji lebih dalam hadits nabi. Tentu hal ini sangat menyakitkan bagi kaum muslim yang mengaku mencintai kanjeng nabi saw. Habib Umar bin Hafidz sampai meneteskan air mata saat bercerita tentang siti Aminah yang melahirkan manusia paling mulia di muka bumi ini. “Jikalau Sayyidah Aminah TIDAK SELAMAT(masuk neraka); adakah umat rasul saw yang bisa selamat? Entah logika apa yang digunakan Khalid Basalamah.

2. Pelecehan kepada kanjeng Nabi dengan mengatakan nabi menggauli budaknya (Maria al Qibthiyah dan Maimunah) tanpa menikah. Secara tidak langsung Basalamah menuduh nabi Muhammad saw telah melakukan zina. Pernyataan yang sangat menyakitkan umat Islam. Efek dominonya nabi saw akan menjadi bahan olok-olok oleh mereka yang tidak senang kepada Islam. 

3. Khalid Basalamah mengajarkan paham Mujasimah yang menganggap Allah bersemayam di Arsy, duduk di kursi dan kursinya bergoyang. Bahkan dia menyatakan Allah mempunyai kaki, mempunyai wajah yang besar. Pengertian Khalid ini tentu menyepelekan Allah karena disamakan dengan bentuk manusia. Bagi ASWAJA, Maha Suci Allah dari segala sifat-sifat makhlukNya. Aqidah Ahlussunah Wal Jamaah adalah ALLAH ADA TANPA TEMPAT DAN TANPA ARAH. Tempat dan arah adalah makhluk, dan Allah tidak tergantung kepada makhlukNya.

4. Pernah berfatwa bahwa buaya itu halal dan boleh ddimakan.Jadi kalau ada yang punya resep-resep masakan dengan bahan utama buaya bisa dishare ya. Lumayan bisa buat dinner ntar malam. 

5. Pernah menyakiti hati masyarakat Aceh. Dia mengatakan bahwa tsunami yang terjadi di tahun 2004 dulu karena masyarakat Aceh banyak melakukan dosa-dosa dan terlalu banyak melakukan maksiat. Namun tak berapa lama dia minta maaf atas pernyataannya ini.

6. Sama seperti poin no.5; namun kalau yang ini terkait gempa di Yogyakarta. Gempa besar tahun 2006 itu diklaim terjadi karena banyak pelanggaran agama, free sex yang dilakukan masyarakat di Yogja. Kalau yang ini saya gak tau dia sudah minta maaf apa belum. 

Dan “fatwa-fatwa” lain yang terlalu panjang kalau ditulis di sini. 

Sebenarnya sebelum acara dilaksanakan, sudah ada kesepakatan antara panitia dan Ansor,Banser yang disaksikan Kapolsek setempat bahwa pengajian tersebut tidak akan menghadirkan Khalid Basalamah, nyatanya panitia “Ingkar” dengan kesepakatan tersebut dan tetap menghadirkan Khalid Basalamah.

Sikap “Ingkar” yang dilakukan panitia seakan lepas dan ditutupi berbagai media sehingga terkesan Ansor, Banser adalah kelompok yang tidak senang dengan pengajian. Bukan ini subtansi dari pembubaran saudara. Subtansi pembubaran lebih kepada tapi “Ingkarnya Panitia kepada kesepakatan” yang sudah dibuat dan disaksikan pihak keamanan serta, kajian terhadap ceramah Khalid Basalamah di beberapa tempat dan di media sosial yang selalu menebar kebencian, hujatan, sampai pada mengkafirkan.

Dan jika perlu searching ceramah-ceramah di atas semua bisa dengan mudah ditemukan di youtube. Silahkan ketik keyword-nya “Khalid Basalamah” maka semua ceramah sang ustadz akan muncul.

Selamat mencoba