Selasa 17 Januari 2017 bertempat di aula balai desa Wonorejo Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung, dihadapan 30 orang yang merupakan anggota kelompok Petani Ikan Lumbungagung, Ketua Lakpesdam Tulungagung, Sahabat Fadiq memberikan pengetahuan tentang “Pengembangan dan Pemberdayaan Kelompok”. Menggaris bawahi paparanya, sahabat Fadiq menyampaikan” untuk menjadi sebuah kelompok yang berkualitas, butuh keseriusan dan ide-ide kreatif dari anggota kelompok”. Hadir juga dalam kegiatan pelatihan ini, Kepala dinas Perikanan Tulungagung yang diwakili bapak Sigit, dan ibu Lilis selaku pendamping lapangan perikanan dari Dinas perikanan Tulungagung.

Narasumber Lainya adalah Nuruddin yang merupakan Dosen STAI Diponegoro Tulungagung yang menyampaikan materi Managemen Sumberdaya Manusia. “Kunci Managemen SDM adalah Komunikasi, Program yang terencana, Target yang terukur dan Kemampuan untuk melaksanakan” merupakan kutipan paparan dari narasumber yang juga aktif di Lakpesdam Tulungagung.

Tujuan dari pelatihan ini adalah membekali peserta untuk meningkatkan kemampuan mengelola dan mengembangkan kelompok, sebagaimana penuturan Masuwan selaku ketua kelompok Lumbung Agung. “Berdasarkan hasil rapat anggota, Kelompok Lumbung Agung bermaksud membentuk Kampung Ikan Hias, oleh karenanya kegiatan pelatihan ini merupakan awal peningkatan kapasitas anggota kedepannya. Selain pelatihan, Kami juga akan study banding keluar kota untuk mengetahui bagaimana model management dan tata letak ruang sebuah wisata yang lagi ngetren dengan sebutan Kampung, sehingga kedepannya kami bisa mewujudkan dan mengelola Kampung Ikan yang segera akan diwujudkan.”dengan panjang lebar,Masuwan menjelaskan.

Jika melihat Potensi yang ada, Kelompok Lumbung Agung yang berdiri sejak 2011 dan sudah beberapa kali menjuarai even Nasional maupun regional lomba Ikan Hias, bukan hal yang sulit untuk mewujudkan Kampung Ikan yang mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang Ikan Hias dan memberikan dampak kesejahteraan bagi kelompok dan bagi Masyarakat.