Menarik mengamati perkataan dari Eleanor Roosevelt, Ibu negara sejak 1933 sampai 1945 yang merupakan mantan istri Presiden USA D. Franklin Roosevelt. Eleanor Roosevelt mengatakan:

“Small Minds discuss people, Average Minds discuss events, Great Minds discuss ideas”. (Pikiran Kecil membicarakan orang. Pikiran Sedang membicarakan peristiwa. Pikiran Besar membicarakan gagasan”.

Maka sebagai akibatnya, Pikiran Kecil akan menghasilkan gosip. Pikiran Sedang akan menghasilkan Pengetahuan. Pikiran Besar akan menghasilkan Solusi. Ketiga jenis pikiran ini ada di dalam setiap otak kita. Pikiran mana yang lebih mendominasi kita? maka, begitulah apa yang dihasilkannya.

Kalau setiap saat otak kita dipenuhi oleh “Pikiran Kecil”, maka kita akan selalu asyik dengan urusan orang lain, namun tidak menghasilkan apa-apa, kecuali perseteruan. Tetapi bila otak kita di dominasi oleh “Pikiran Besar”, maka kita akan aktif menemukan terobosan baru.

Pikiran Kecil senang menggunakan kata tanya “Sopo kowe”. Pikiran Sedang senang mnggunakan kata: “Ada apa”, sedangkan Pikiran Besar selalu memanfaatkan kata tanya: “Mengapa & Bagaimana”.

Dalam melihat satu peristiwa yang sama, misalnya jatuhnya buah apel dari pohonnya, akan cenderung ditanggapi berbeda, Pikiran Kecil akan tertarik dengan pertanyaan: “Siapa sih kemarin yang kejatuhan apel?” 

Pikiran Sedang akan bertanya: “Apakah sudah musim Apel ya?”
Sedangkan Si Pikiran Besar akan bertanya: “Mengapa buah apel jatuh ke bawah , kok gak jatuh ke atas.?” Dan dari pikiran yang terakhir itulah yang konon menginspirasi ISAAC NEWTON menemukan Teori Grafitasinya. Ingat Sobat! “Tidak ada satupun prestasi atau karya di dunia ini yang dihasilkan oleh Pikiran Kecil”.
Di samping itu, ketiga jenis pikiran ini juga mempunyai asupan”Makanan Favorit” yang berbeda. Si Pikiran Kecil biasanya senang “melahap” Tabloid, Infotainment, Koran Merah(Koran Khusus berita Kriminal). Si Pikiran Sedang amat berselera dengan Koran Berita.
Si Pikiran Besar memilih BUKU yang membangkitkan INSPIRASI.
Semoga pikiran-pikiran kita didominasi oleh Pikiran Besar (Great Minds).