Jum’at 7-7-2017 Jam 7 Mulam acara Halal bil halal Ikatan Alumni PMII Tulungagung digelar di Liiur resto & Cafe dengan mengundang seluruh alumni lintas generasi dan lintas wilayah domisili baik yang berproses ber PMII di Tulungagung atau di luar Tulungagung semuanya di undang. Bahkan seluruh kader aktif mulai Rayon, Komisariat, dan Pengurus cabang juga diundang untuk menghadiri Halal bil halal IKA PMII.

Tak kurang dari 500 Alumni terpantau hadir berhalal bil halal dan bernostalgia mengenang kebersamaan saat berada di PMII dan saat masih menjadi mahasiswa. Ada yang dari awal ngobrol gak henti-henti sampai pulang, ada yang bengcengkrama membuat lingkaran duduk dalam satu meja, ada juga yang mencari tempat diluaran gedung acara karena peserta membludak, bahkan parkir mobil di deretan JL R. Abdul Fattah sampai Pasar Sore Tulungagung terpenuhi mobil undangan alumni IKA PMII. 

Hadir dalam acara Halal bil Halal IKA PMII Tulungagung berbagai tamu diantaranya: Ketua IKA PMII Jawa Timur yang diwakili oleh Wakil Ketua Sahabat Ayok Zakaria Irfani, Bupati Tulungagung, Mabincab PMII Tulungagung, Ketua IKA PMII Blitar, Ketua IKA PMII Kediri, Ketua IKA PMII Trenggalek, KH. Muhsin Ghozali (Mustasyar PCNU Tulungagung), Ketua PCNU Tulungagung, Wakil Ketua DPRD Tulungagung, Bapak Adib Makarim, MH, Banom NU, Pimpinan OKP di Tulungagung, Rektor IAIN Tulungagung, Ketua STAI Diponegoro Tulungagung dan tentunya Penyelenggara acara Sohibul Hajat IKA PMII Tulungagung. 

Dalam sambutannya Ketua IKA PMII Tulungagung menyampaikan bahwa undangan resmi yang disebar hanya kisaran 100, sedangkan yang lain diundangkan melalui media sosial (IG, FB, Twitter) dan grup WA. Dan diluar dugaan, peserta Halal bil Halal dapat kompak hadir dengan segala  keakraban sambutan dan penghormatan serasa gayeng, damai dalam suasana kekeluargaan IKA PMII. Bahkan secara sukarela mereka datang membawa kopi, buah, keleman(ubi-ubian yang sudah dimasak) dan camilan yang ditempatkan di luar gedung dan diperuntukkan semua IKA PMII Tulungagung dan hadirin yang hadir.

Acara diluar gedung dengan didukung “Selfi Arena” membuat riuh ramai para alumni PMII yang lama tidak bertemu untuk mengabadikan gambar ditempat selfi tersebut. Ada juga yang ahistori karena hanya ketemu beberapa personil dari generasinya, karena memandang yang hadir semuanya adalah wajah generasi setelahnya seraya terucap” ternyata saya PMII generasi tua ya”.

Kalimat menarik disampaikan oleh KH. Muhsin Ghozali yang dalam acara ini hadir memberikan Taushiyah yakni” Sukses acara Halal Bil Halal PMII ini adalah karena hadirnya orang-orang sukses yang dulu berproses di PMII, tapi ingat, sukses ini masih sebatas sukses personal, belum sukses bersama dalam jam’iyah, oleh karenanya, ke depan IKA PMII harus bisa mewujudkan kerukunan, kebersamaan, kejayaan dan kemajuan Tulungagung secara bersama.

Disisi lain Kang Abdul Aziz yang juga ketua IKA PMII Blitar mewakili alumni generasi midle( generasi tengah antara generasi awal dan generasi ke kinian) juga menyampaikan bahwa sudah ribuan kader PMII tersebar diberbagai sektor, mulai Akademisi, Politisi, birokrasi, dan wirausahawan, setelah halal bil halal silahkan sinergi ini dibangun secara kokoh untuk sukses bersama. 

Senada juga apa yang disampaikan Sahabat Ayok Zakaria Irfani bahwa Tulungagung pada masanya adalah generasi PMII yang punya nama besar, bukan sekedar kuantitas, tapi juga kualitas kader, terbukti ketika lounching sarasehan, workshop untuk agenda Nasional, mulainya pasti dari Tulungagung. Bahkan tidak dipungkiri bahwa Sahabat Amin Said Husni Ketua iKA PMII Jawa Timur yang juga Bupati Bondowoso aktif merupakan alumni salah satu jenjang Pengkaderan PMII di Tulungagung.

Bupati Syahri Mulyo dalam sambutanya juha menyampaikan “Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin”. Beliau juga menyampaikan bahwa PMII dan IKA PMII adalah organisasi yang secara tegas dan jelas menyatakan bahwa NKRI Harga Mati! Pancasila Jaya! Yang keduanya tidak bisa diganggu gugat karena merupakan kesatuan bangsa Indonesia yang berbhineka tunggal ika. Bupati juga sempat menyumbangkan suara emasnya dalam sesion ramah tamah dan music performence bahkan sampai tiga lagu berturut-turut dan sampai acara berakhir.

Seluruh rangkaian berjalan lancar dan sukses mulai Pra acara, Tahlil yang dipimpin oleh mantan ketua cabang PMII KH. Zabidy dari Trenggalek, acara Halal bil Halal yang di komandani Sahabat Mohammad Fattah Masrun selaku ketua panitia Halal Bil Halal, PMII Care dan acara Music Performance semuanya berjalan khidmad dan meriah. Diluar itu, satu acara yakni pemutaran film dokumenter karya IKA PMII yang dihandle Kang Sinyo dan Mas Jimmy, sungguh luar biasa kedua sahabat ini dengan tekun dan tlaten mengumpulkan foto kegiatan mulai awala hingga hari ini yang dimiliki oleh Para Alumni PMII dan disusun dalam bentuk film. Terutama Pengorbanan mas Jimmy yang sempat-sempatnya ditengah opname di rumah sakit karena cuci darah akibat sakitnya, beliau finishing film dan menyerahkan langsung bersama kang Sinyo kelokasi acara jam 19:00 ready untuk di putar.

Akhirnya, hanya ucapan terimakasih yang dapat disampaikan kepada semua pihak yang telah hadir dan membantu suksesnya acara halal bil halal yang diselenggarakan. Kepada kader PMII aktif, Seniormu menunggu karyamu, dan kepada para IKA PMII Tulungagung, sukses bersama adalah milik Kita.