Kamis, 8 Juni 2017 Adalah hari kedua PC Ansor Tulungagung menjadi pemateri dalam kegiatan pondok Ramadhan yang diselenggarakan oleh SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung. Sebagaimana sebelumnya hari Senin, 5 Juni 2017 kegiatan yang sama juga sudah berjalan dengan baik dan khidmat.

Kegiatan kajian kitab kuning yang dilaksanakan oleh PC Ansor di SMARIDUTA (nama tenar SMAN 1 Kedungwaru) merupakan kerjasama rutin pihak sekolah dengan PC Ansor Tulungagung dalam rangka mengembangkan keilmuan kitab kuning dan mendekatka siswa dengan pengetahuan agama yang rahmatan lil ‘alamin serta mengenalkan Ansor kepada generasi muda. 

Berbeda dengan kajian-kajian kitab kuning yang menggunakan sistem bandongan( Kyai menyampaikan bacaan kitab dan santri mencatat makna), kajian kitan kuning di SMARIDUTA dilaksanakan dengan model forum seminar dan membagi peserta menjadi dua(2) kelas besar antara laki-laki dan perempuan terpisah. Teknis penyampaian materi kajian kitab kuning di SMARIDUTA tahun ini adalah kajian dalam bentuk dialog interaktif dengan bantuan slide power point dan sesekali membaca teks kitab kuning aslinya. Sebagai respon dari mayoritas peserta kajian kitab kuning di SMARIDUTA adalah pelajar yang background pendidikan agamanya belum pernah bersinggungan dengan kajian kitab kuning sama sekali, kendati ada satu, dua pelajar yang sudah pernah mengalami ngaji. Sehingga pemiliha model penyampaian interaktif dan seminari menjadi pilihan PC. Ansor Tulungagung.

Kitab kuning yang dikaji pada kegiatan pondok Ramadhan SMARIDUTA tahun ini berbeda dengan tahun 2016 yang mengkaji kitab Ta’limul Muta’alim dna tahun ini mengkaji kitab Fathul Qorib dengan pembahasan khusus Bab Sholat sampai pada teknis Sholat Jama’ dan sholat Qoshor. 

Antusias peserta sangat luar biasa, mulai keaktifan berinteraksi, meminta penjelasan kalimat dan istilah yang bagi mereka “asing” sampai pada minta diberikan contoh praktek beberapa gerakan Sholat yang menjadi bahasan kajian. Dengan dukungan panitia pelaksana dari Remas SMARIDUTA yang kompak untuk menyiapkan kebutuhan kajian dan mengkondisikan forum berjalan serius, serta tetap gayeng.

Tampil sebagai pemateri dalam kajian kitab kuning dalam acara pondok Ramadhan di SMARIDUTA dua sahabat kader PC. Ansor Tulungagung, Sahabat Nuruddin dan Sahabat Aya Nawafi Maksum (Kaji Wafi) yang dengan tlaten mendampingi kajian kitab kuning dengan sesekali memberikan pengetahuan tentang Ansor NU sebagai wujud pengenalan dan pemahaman kepada para peserta kajian Kitab Kuning di SMARIDUTA.

Menurut pengakuan beberapa peserta dan anggota Remas SMARIDUTA, kajian dan kerjasama dengan PC. Ansor Tulungagung harus ditambah lagi tidak terbatas dalam kegiatan Pondok Ramadhan, tapi juga kegiatan lain misalnya “Bhakti Sosial” atau Gebyar Sholawat. Alasan mereka menyampaikan harapan tersebut adalah “Ternyata orang Ansor Gaul dan Smart”. 

Hadir pula perwakilan dari PC IPNU dan IPPNU Tulungagung yang turut mendampingi pemateri dari PC. Ansor Tulungagung dalam kegiatan kajian kitab Kuning pondok Ramadhan di SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung.